Selasa, 21 Juni 2011

Kader HMI Oembak rebut Double Winner PKM

Malang – Rektor Cup 2011 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan ajang untuk menumbuhkan kesadaran dari mahasiswa akan olah raga, seni dan penalaran selain aktivitas akademika. Agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Biro Kemahasiswaan UMM ini diramaikan dengan acara-acara yang dikemas begitu menarik yang selajutnya rangkaian acara-acara tersebut diberi nama “Musim Kompetensi Olahraga, Seni dan Penalaran (SIMKORSENAL) 2011”. Tema yang diusung tahun ini adalah “Aktualisasikan Potensi dan Kreativitas, Kembangkan Daya Nalar dan Etika Untuk Memperkuat Daya Saing” dengan Jargon yang dikumandangkan adalah “Healthy Minds, Healthy Lives, Healthy Spiritual”.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 26 Maret dan berakhir pada 4 Juni 2011 ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UMM. Selain itu, Rektor Cup merupakan ajang bergengsi bagi tiap-tiap fakultas, dimana masing-masing fakultas siap unjuk prestasi dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti pertandingan dari berbagai bidang yang dilombakan. Perlombaan dan pertandingan antar fakultas mencakup empat bidang, yakni Bidang Olahraga, Bidang Seni, Bidang Penalaran dan Bidang Keagamaan.

Salah satu jenis kejuaraan yang diadakan adalah Lomba Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari bidang Penalaran yang dikoordinir oleh teman-teman dari Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Forum Diskusi Ilmiah (UKMP-FDI) UMM. Tim-tim dari berbagai fakultas tergabung dalam jenis lomba ini, menuangkan sedikit program kreativitas untuk memperebutkan juara I, juara II dan juara III.

Untuk pemenang penilaian PKM, juara pertama diperoleh tim yang diketuai oleh Achmad Ari Saputra, dengan judul proposal "Waroeng Baca Aktif". Juara kedua diraih tim yang diketuai oleh Surahman. Kemudian juara ketiga diperoleh tim yang diketuai oleh Choirul Annisa, dengan judul proposal "Komik Bahasa Jawa, Ngurip-ngurip Boso Jowo".

Dua tim dari pemenang dari lomba PKM ini adalah kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Oembak yang telah berhasil menyabet juara I dan juara III. Ketua tim yang menduduki juara I, Achmad Ari Saputra mengatakan, timnya cukup bangga dengan prestasi ini. “Kami baru pertama kali ikut dalam ajang ini, namun Alhamdulillah bisa meraih juara I,” ucap pria berpostur tinggi besar ini dengan bangga. Sedangkan ketua tim yang meraih juara III, Choirul Annisa mengatakan, "Alhamdulillah tim saya telah meraih juara di Rektor Cup ini, semua ini tidak terlepas dari orang tua dan teman-teman HMI Oembak yang selalu membakar semangat tim saya untuk terus berkarya”.

Ari dan Annisa berharap temen-temen HMI Oembak yang lain bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan khususnya bidang penalaran ini, karena mereka sangat yakin bahwa kader-kader HMI mempunyai ide-ide yang lebih kreatif, hanya saja belum bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan. Selain itu masih banyak hal-hal lain yang harus dipikirkan karena hal ini sangat penting untuk bisa memenangi lomba terlebih ide-ide kreatif itu dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Jangan pernah bosan untuk mengukir prestasi,” ujar mereka dengan penuh semangat. Mereka berdua yakin bahwa dengan semangat dan niatan yang baik, maka Isnya’allah kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Selain itu, Ketua umum HMI Oembak, Akhmad Salim mengaku bangga dengan pencapaian kader-kadernya itu. Salim memandang Pelatihan Penulisan PKM pada periode tahun kemarin telah sukses, terbukti hasil yang didapat cukup memuaskan. “Saya juga ikut senang bila teman-teman HMI Oembak punya prestasi di kampus putih,” ujarnya dengan bijak.

Tidak ada komentar: